?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F54583%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+LAPNGANTERBIMBING+(PLT)&rft.creator=Fania+Tri+Cahyati%2C+Fania+Tri+Cahyati&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Lapangan+Terbimbing+(PLT)+merupakan+mata+kuliah+yang+wajib+ditempuh+oleh+setiap+Mahasiswa+program+kependidikan.+Praktik+Lapangan+Terbimbing+(PLT)+memiliki+tujuan+untuk+menyiapkan+dan+menghasilkan+tenaga+kependidikan+(guru)+yang+memiliki+nilai+sikap%2C+pengetahuan%2C+dan+ketrampilan+secara+profesional.+Program+Praktik+Lapangan+Terbimbing+dilaksanakan+guna+untuk+mengasah+empat+kompetensi+guru+yang+harus+dimiliki%2C+yaitu+meliputi+kompetensi+kepribadian%2C+kompetensi+pedagogik%2C+kompetensi+sosial+dan+kompetensi+profesional.%0D%0AKegiatan+Praktik+Lapangan+Terbimbing+dilaksanakan+pada+tanggal+15+September+%E2%80%93+15+November+2017.+Salah+satu+yang+menjadi+mitra+kegiatan+Praktik+Lapangan+Terbimbing+(PLT)+UNY+adalah+SMP+Negeri+1+Sewon+yang+beralamat+di+Jalan+Parang+Tritis+KM+7%2C+Timbulharjo%2C+Sewon%2C+Bantul%2C+Yogyakarta.+Pelaksanaan+kegiatan+PLT+dimulai+dari+observasi+hingga+pelaksanaan+PLT+yang+terbagi+menjadi+beberapa+tahap+yaitu+persiapan+mengajar%2C+pelaksanaan+mengajar%2C+dan+evaluasi+hasil+mengajar.+Kegiatan+mengajar+dilaksanakan+setelah+konsultasi+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajaran+(RPP)+kepada+guru+pembimbing+terlebih+dahulu.+Pelaksanaan+PLT+dilaksanakan+di+kelas+VII+F%2C+VII+H%2C+VIII+F+da+VIII+H.+Tidak+hanya+ditugaskan+dalam+mengajar%2C+Mahasiswa+praktikan+juga+turut+serta+berpartisipasi+dalam+kegiatan+sekolah+seperti+pendampingan+ekstrakulikurel%2C+piket+di+lobi+dan+piket+5S.%0D%0AHasil+dari+Praktik+lapangan+Terbimbing+(PLT)+selama+dua+bulan+di+SMP+Negeri+1+Sewon+antara+lain+mahasiswa+dapat+mengembangkan+dan+menerapkan+ilmu+pengetahuan+mata+pelajaran+Pendidikan+Kewarganegaraan+di+SMP+Negeri+1+Sewon.+Pengetahuan+tentang+cara+inovasi+dalam+mengajar+juga+diterapkan+dalam+kegiatan+PLT%2C+yang+meliputi+penggunaan+media+yang+tepat+dan+menarik%2C+penggunaan+metode+mengajar+yang+kontekstual+sesuai+dengan+kondisi+peserta+didik.+Selain+itu+juga+menerapkan+pembuatan+rancangan+pelaksanaan+pembelajaran+yang+baik%2C+hingga+penilaian+kogitif%2C+sikap+dan+ketrampilan+peserta+didik.+Adapun+dalam+pelaksanaan+PLT+tidak+terlepas+dari+hambatan-hambatan.+Akan+tetapi+hambatan+tersebut+dapat+diatasi+dengan+adanya+semangat+dan+kerjasama+yang+baik+dari+berbagai+pihak+yang+terkait.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2017&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F54583%2F1%2FFania%2520Tri%2520Cahyati%2520%252814401241071%2529.pdf&rft.identifier=++Fania+Tri+Cahyati%2C+Fania+Tri+Cahyati++(2017)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+LAPNGANTERBIMBING+(PLT).++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++