?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F5457%2F&rft.title=PEMBELAJARAN+KIMIA+TEMATIK+PADA+MATA+KULIAH+KIMIA+DASAR+SEBAGAI+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+MASALAH&rft.creator=Sukisman+%2C+Purtadi+%2C+M.Pd.&rft.subject=Kimia&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui%3A+1)+kualitas+pembelajaran+dengan+penerapan+pembelajaran+kimia+tematik+dalam+mata+kuliah+Kimia+Dasar%2C+2)+tanggapan+mahasiswa+terhadap+penerapan+model+PBL+di+kelas%0D%0A+Subjek+penelitian+ini+adalah+mahasiswa+Prodi+Pendidikan+Kimia+yang+mengikuti+Matakuliah+Kimia+Dasar+2+Tahun+Akademik+2006%2F2007+yang+berjumlah+49+orang.+Objek+penelitian+ini+adalah+kualitas+pembelajaran+kimia+yang+ditunjukkan+dengan+motivasi+dan+kemampuan+berfikir+kompleks+dan+pemrosesan+informasi%2C+serta+tanggapan+mahasiswa.+Data+dikumpulkan+melalui+observasi+objek+dan+angket.+Observasi+objek+dilakukan+terhadap+hasil+pekerjaan+mahasiswa+untuk+aspek+kemampuan+berfikir+kompleks+dan+pemrosesan+informasi.+Data+yang+diperoleh+selanjutnya+dianalisis+secara+deskriptif.+Angket+digunakan+untuk+mendapatkan+data+motivasi+mahasiswa+sebelum+dan+sesudah+penerapan+model+pembelajaran+tematik%2C+serta+dilengkapi+dengan+pertanyaan+terbuka+untuk+menjaring+tanggapan+mahasiswa+terhadap+penerapan+model+pembelajaran+tematik.+Data+motivasi+dianalisis+uji+t+sama+subjek+dengan+menggunakan+program+SPSS+15.0+for+windows.+Tanggapan+mahasiswa+akan+dibahas+secara+deskriptif.%0D%0A+Penelitian+ini+mencoba+mengembangkan+pembelajaran+yang+mengaktifkan.+Keaktifan+tidak+hanya+ditujukan+untuk+meningkatkan+pemahaman+saja%2C+pengkondisian+agar+mahasiswa+memiliki+%E2%80%98learning+habit%E2%80%99+dan+peningkatan+cara+berfikir+jauh+lebih+penting.+Sekali+lagi%2C+pemahaman+konsep+kimia+tidak+menjadi+tolok+ukur+kualitas+pembelajaran+yang+dilaksanakan.+Ini+tidak+dinilai+dari+jawaban+mahasiswa+pada+tes+kognitif+tetapi+melalui+proses+dan+hasil+kerja+dan+bagaimana+mereka+mengubah+cara+pandang+mereka+mengenai+belajar.+Oleh+karena+itu+kualitas+pembelajaran+yang+diamati+pada+penelitian+ini+adalah+kemampuan+berfikir+kompleks+dan+pemrosesan+informasi+mahasiswa%2C+serta+motivasi+belajar+kimia.+%0D%0A+Kemampuan+berfikir+kompleks+dan+pemrosesan+informasi+dinilai+dari+hasil+kerja+yang+dipresentasikan+dan+dikumpulkan+oleh+setiap+kelompok.+Berdasarkan+hasil+penelitian+diperoleh+rata-rata+kelas+untuk+kemampuan+ini+adalah+2%2C49+atau+dalam+kategori+baik.+Kualitas+pembelajaran+yang+lain+terukur+melalui+motivasi+mahasiswa+belajar+kimia.+Motivasi+diukur+pada+awal+dan+akhir+penerapan+pembelajaran+Kimia+tematik.+Hasilnya+menunjukkan+bahwa+rerata+motivasi+meningkat+(dari+75%2C+6+menjadi+78%2C3).+Hasil+uji+t+dengan+SPSS+15+for+windows+menunjukkan+t+%3D+9%2C39+(p+%3D+0%2C000).+Hal+ini+menunjukkan+penerapan+pembelajaran+Kimia+tematik+meningkatkan+motivasi+mahasiswa+dalam+belajar+Kimia.+Tanggapan+mahasiswa+terhadap+penerapan+pembelajaran+Kimia+tematik+sangat+beragam.+Ada+23+(46%2C94%25)+mahasiswa+yang+dengan+tegas+menyatakan+menyukai+metode+ini.+Sementara+2+(4%2C08%25)+mahasiswa+menyatakan+tidak+menyukai+model+ini.+Kelompok+berikutnya+adalah+mahasiswa+yang+tidak+secara+langsung+memberi+pernyataan+tegas+seperti+di+atas.+Jumlah+mereka+adalah+24+(48%2C98%25).+Namun+bila+dilihat+pernyataan+yang+dituliskan%2C+dapat+dipisahkan+pernyataan+bernada+mendukung+penerapan+model+(positip)%2C+ada+16+(32%2C+65%25)+mahasiswa%2C+dan+menolak+(negative)+ada+8+(16%2C+33%25)+mahasiswa.+%0D%0A+Kata+kunci%3A+metode%2C+pembelajaran+kimia+tematik%2C+pembelajaran+berbasis+masalah%2C+kualitas+pembelajaran%0D%0A+FMIPA%2C+2007+(PEND.+KIMIA)&rft.type=Experiment%2FResearch&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F5457%2F1%2FSukisman_Purtadi.pdf&rft.identifier=++Sukisman+%2C+Purtadi+%2C+M.Pd.+++PEMBELAJARAN+KIMIA+TEMATIK+PADA+MATA+KULIAH+KIMIA+DASAR+SEBAGAI+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+MASALAH.++%5BExperiment%2FResearch%5D+++++