%0 Report %9 Project Report %A Alfi Oktafiani, Alfi Oktafiani %D 2017 %F UNY:54567 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Laporan, PLT 2017, SMA NEGERI 1 KRETEK %T LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) %U http://eprints.uny.ac.id/54567/ %X Universitas Negeri Yogyakarta memiliki program dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa kegiatan kurikuler PLT sebagai mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY khususnya prodi kependidikan. Program tersebut bertujuan untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Salah satu yang dilakukan adalah dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di SMA N 1 Kretek yang beralamat di Genting, Tirtomulyo, Kretek, Bantul yang dilaksanakan sekitar 2 bulan. Pelaksanaan program PLT di SMA N 1 Kretek meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai 15 November 2017. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika diberi kesempatan untuk mengajar di kelas X MIA 2 dengan alokasi waktu 3x45 JP perminggu dan kelas XI IPA 2 dengan alokasi waktu 5x45 JP perminggu. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PLT di SMA N 1 Kterek adalah masalah pengelolaan kelas . Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PLT dengan siswa-siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.