%T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %J Laporan PPL %D 2017 %K Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Negeri 1 Bantul %A ISNA SHOLIKHATUN ISNA SHOLIKHATUN %X Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Prakterk Lapangan Terbimbing (PLT) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional yang siap memasuki dunia kependidikan dengan berbagai keilmuan dan pengalaman yang di dapat ketika mengajar di lapangan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan managerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan keguruan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester khusus tahun 2017 ini adalah di lingkungan sekolah, yaitu SMK Negeri 1 Bantul.adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PLT meliputi praktik mengajar. Kegiatan PLT dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah administrasi keungan dan mengampu sebanyak 1 kelas yatu kelas XI AP1. Total jam pelajaran yang diampu penulis selama 1 minggu adalah 4 jam pelajaran. Dimana mahasiswa terjun langsung bertatap muka di kelas dengan siswa sebagai guru. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya ketika menjadi guru nantinya. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan oleh setiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik. Adapun hambatan yang muncul lebih karena pengkondisian yang kurang maksimal dan pengalokasian waktu yang kurang tepat. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk meminimalisir hambatan yang terjadi, sehingga program PLT daoat terlaksana dengan baik. Kegiatan PLT yang dilaksanakan selama 2 bulan tersebut memberi banyak manfaat bagi mahasiswa yaitu menambah pengalaman, ilmu pengetahuan, dan wawasan mengenai proses pembelajaran di sekolah dan bentuk interaksi antar warga sekolah. Praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan-kegaiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangat mendukung terlaksananya program PLT sehingga program ini dapat berjalan dengan baik. %L UNY54543