%X Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan modul lengkap (self contained) pembelajaran seni rupa sekolah dasar kelas IV, yaitu memenuhi unsur karakteristik modul, kelengkapan kompnen modul, unsur-unsur modul, unsur- unsur grafis, dan elemen mutu modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D). tahapan penelitian ini terdiri dari: (1) studi pendahuluan, (2) studi pengembangan desain model, dan (3) validasi model. Objek penelitian ini adalah bahan ajar berupa modul pembelajaran seni rupa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, observasi, diskusi dan konsultasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan analisis statistik deskriptif. Kelayakan modul memenuhi kriteria apabila skor kelayakan minmal 76 dari skor maksimal 100. Modul pembelajaran ini memenuhi kriteria layak oleh rata-rata skor kelayakan dari ahli materi 93,750, ahli media 77,272, uji coba perorangan 84,399, uji coba kelompok kecil 88,021 dan uji coba kelompok besar 87,995. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran seni rupa di kelas IV SD. %A Ribka Dian Handayani %L UNY54483 %D 2017 %I Fakultas Bahasa dan Seni %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI RUPA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR di SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2, YOGYAKARTA