%0 Report %9 Project Report %A Ramadhani Nur Dwi Wijayanti, Ramadhani Nur Dwi Wijayanti %D 2017 %F UNY:54479 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Praktek Lapangan Terbimbing, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Siswavii %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) %U http://eprints.uny.ac.id/54479/ %X Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) / Magang III Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 18 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 8 mahasiswa yang semuanya berasal dari program pendidikan luar biasa. Selama kegiatan PLT, mahasiwa melakukan praktik mengajar terbimbing dengan satu siswa disatu kelas dengan diberikan kesempatan 2 bulan mengajar dengan 6 RPP. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari melakukan observasi, persiapan mengajar dan pelaksanaan. Pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013. Selama PLT, terdapat beberapa kemajuan yang dialami siswa setelah mahasiswa melakukan praktik mengajar terbimbing terutama perkembangan dalam perilaku anak. Selain itu, ada kegiatan sekolah dan non-mengajar yang dilakukan di sekolah. Seperti Pendampingan upacara, pagi ceria, senam, karawitan, menyanyi, menari, keterampilan, pramuka, persami, game (charity), berenang massage, administrasi kelas dan inventaris barang. Dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pada khususnya, dikarenakan mahasiswa mendapat pengalaman baru untuk mendidik dan memberikan pembelajaran secara langsung kepada anak berkebutuhan khusus.