%0 Report %9 Project Report %A LUTHFI NUR AFIFAH, LUTHFI NUR AFIFAH %D 2017 %F UNY:54478 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Praktek Lapangan Terbimbing, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Anak Autis. %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) %U http://eprints.uny.ac.id/54478/ %X 2017 yang berlokasi di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 18 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 8 mahasiswa yang semuanya berasal dari program pendidikan luar biasa. Selama kegiatan PLT, mahasiwa melakukan praktik mengajar terbimbing dengan satu siswa disatu kelas sebanyak 15 kali pertemuan. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari melakukan observasi, persiapan mengajar dan pelaksanaan. Pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013. Selama PLT, terdapat beberapa kemajuan yang dialami siswa setelah mahasiswa melakukan praktik mengajar terbimbing terutama mengenai pemahaman berbagai kosakata. Selain itu terdapat kegiatan sekolah lainnya yaitu kegiatan ketrampilan yang dilakukan rutin selama seminggu di sekolah yang dilaksanakan di sela-sela jam belajar yaitu seperti, literasi, pendampingan senam pagi, pendampingan upacara bendera, pendampingan karawitan, pendampingan menari, pendampingan menyanyi, pendampingan renang, pendampingan olahraga, dan pagi menyapa. Kegiatan lainnya non-mengajar yaitu pembuatan senam pagi, administrasi kelas, inventaris kelas, inventaris buku, pembuatan buku mengenal Bina Anggita, pengadaan foto kepala sekolah, pengadaan kata mutiara dan pengadaan foto-foto kegiatan yang juga dilakukan sebagai program untuk sekolah. Dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pada khususnya, dikarenakan mahasiswa mendapat pengalaman baru untuk mendidik dan memberikan pembelajaran secara langsung kepada anak autis.