eprintid: 54453 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/44/53 datestamp: 2017-12-22 06:50:32 lastmod: 2019-10-01 11:26:58 status_changed: 2017-12-22 06:50:32 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Elok Khasanah, Elok Khasanah title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMA Negeri 1 Piyungan, bahasa Jawa, Mahasiswa abstract: Berdasarkan hasil observasi pembelajaran Bahasa Jawa di kelas XI di SMA Negeri 1 Piyungan, diketahui bahwa masih ada beberapa siswa yang kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa, diperoleh informasi bahwa ada siswa pindahan dari luar Jawa yang masih kesulitan untuk berbicara dan menangkap pelajaran menggunakan Bahasa Jawa. Hal inilah yang menjadi fokus mahasiswa praktikan PLT untuk menyusun strategi dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kriteria siswa kelas XI serta kurikulum yang digunakan. Strategi pembelajaran Bahasa Jawa yang digunakan dalam proses pembelajaran tertuang di dalam langkah-langkah dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun program mengajar yang telah mahasiswa laksanakan sebanyak 14 kali pertemuan untuk 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPS 2 serta satu kali ulangan harian. Metode pembelajaran yang efektif digunakan untuk siswa kelas kelas XI yaitu ceramah dan diskusi. Secara keseluruhan, program kerja PLT terlaksana dengan baik. Kegiatan non mengajar yang dilaksanakan seperti piket hall, piket perpustakaan, dan pengawas UTS. Setelah masa PLT berakhir, mahasiswa diharapkan terus berusaha mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, dan menemukan caracara yang dapat ditempuh atau dilakukan supaya pembelajaran menjadi lebih efektif. Keberhasilan pelaksanaan PLT ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA Negeri 1 Piyungan agar pelaksanaan PLT di masa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Elok Khasanah, Elok Khasanah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54453/1/Elok%20Khasanah-14205241030-Pendidikan%20Bahasa%20Jawa.pdf