TY - RPRT Y1 - 2017/// ID - UNY54453 UR - http://eprints.uny.ac.id/54453/ N2 - Berdasarkan hasil observasi pembelajaran Bahasa Jawa di kelas XI di SMA Negeri 1 Piyungan, diketahui bahwa masih ada beberapa siswa yang kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa, diperoleh informasi bahwa ada siswa pindahan dari luar Jawa yang masih kesulitan untuk berbicara dan menangkap pelajaran menggunakan Bahasa Jawa. Hal inilah yang menjadi fokus mahasiswa praktikan PLT untuk menyusun strategi dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kriteria siswa kelas XI serta kurikulum yang digunakan. Strategi pembelajaran Bahasa Jawa yang digunakan dalam proses pembelajaran tertuang di dalam langkah-langkah dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun program mengajar yang telah mahasiswa laksanakan sebanyak 14 kali pertemuan untuk 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPS 2 serta satu kali ulangan harian. Metode pembelajaran yang efektif digunakan untuk siswa kelas kelas XI yaitu ceramah dan diskusi. Secara keseluruhan, program kerja PLT terlaksana dengan baik. Kegiatan non mengajar yang dilaksanakan seperti piket hall, piket perpustakaan, dan pengawas UTS. Setelah masa PLT berakhir, mahasiswa diharapkan terus berusaha mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, dan menemukan caracara yang dapat ditempuh atau dilakukan supaya pembelajaran menjadi lebih efektif. Keberhasilan pelaksanaan PLT ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA Negeri 1 Piyungan agar pelaksanaan PLT di masa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan. TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) AV - public M1 - project_report A1 - Elok Khasanah, Elok Khasanah KW - PPL KW - SMA Negeri 1 Piyungan KW - bahasa Jawa KW - Mahasiswa PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ER -