@techreport{UNY54447, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Anindia Amalia Ulfah Anindia Amalia Ulfah}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Pembelajaran, Siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/54447/}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Progran PLT ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah di peroleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PLT ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi Yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PLT. Progran PLT di SMA Negeri 1 Piyungan dimulai sejak 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Adapun pelaksanaan program PLT tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, observasi pembelajaran, persiapan mengajar, RPP, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan-kegiatan lain yang brtujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media Pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Pada tahap pelaksanaan mahasiswa jurusan Pendidikan Pembelajaran Seni Rupa diberi kesempatan untuk mengajar kelas XI IPA 1, XI IPA2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan alokasi waktu 2 x 45 Menit untuk sekali pertemuan. Tentu ini adalah pengalaman yang berharga. Selanjutnya mahasiswa melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, yaitu proses mengajar dan pemahaman peserta didik di kelas. Di tahap akhir, mahasiswa melakukan penyelesaian laporan PLT. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai dengan bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiswa PLT dengan siswa-siswi, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas.} }