eprintid: 54434 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/44/34 datestamp: 2017-12-22 03:43:57 lastmod: 2019-10-01 11:28:03 status_changed: 2017-12-22 03:43:57 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Harumas Anom, Harumas Anom title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Praktik Mengajar abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk mata kuliah yang bertujuan agar para mahasiswa pendidikan memiliki pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang dapat dijadikan bekal sebagai calon tenaga pendidik (guru). Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga pendidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara profesional. Oleh karena itu mata kuliah PLT ini sangat bermanfaat dan membantu mahasiswa dalam memasuki dunia pendidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan sesuai program studi yang diaambil. Salah satu tempatt yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMA Negeri 1 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi dalam beberapa tahap, yaitu tahap persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil belajar. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program materi pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan PBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X MIA 2, X MIA 3, X IIS 1, X IIS 2 dengan mata pelajaran matematika. Materi yang diajarkan antara lain sistem pertidaksamaan dua variabel linear-kuadrat, sistem pertidaksamaan dua variabel kuadrat-kuadrat, dan fungsi sesuai dengan silabus mata pelajaran matematika. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya, seperti piket perpustakaan, piket diruang piket, sidak pintu gerbang, dan lainnya. Hasil dari kegiatan PLT yaitu praktik mengajar sebanyak 13,5 jam dikelas X MIA 2, X MIA 3, X IIS 1, X IIS 2. Serta menggantikan guru pembimbing yang berhalangan hadir dengan mengajar di kelas X IIS 1 dan X MIA 1. Keberhasilan PLT yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Harumas Anom, Harumas Anom (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54434/1/Pendidikan%20Matematika_14301244013_HARUMAS%20ANOM.pdf