eprintid: 54433 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/44/33 datestamp: 2017-12-22 03:37:26 lastmod: 2019-10-01 11:28:59 status_changed: 2017-12-22 03:37:26 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Khoirudin, Khoirudin title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Praktik Mengajar, Matematika abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk mata kuliah yang bertujuan agar para mahasiswa pendidikan memiliki pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang dapat dijadikan bekal sebagai calon tenaga pendidik (guru). Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga pendidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara profesional. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMA Negeri 1 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi dalam beberapa tahap, yaitu tahap persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil belajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X MIA 2, X MIA 4, X IIS 2, dan X IIS 3 dengan mata pelajaran matematika. Materi yang diajarkan antara lain sistem pertidaksamaan linier dua variabel (linier-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) serta fungsi. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya, seperti piket perpustakaan, piket diruang piket, salam pagi, dan lainnya. Berdasarkan program PLT yang telah dirumuskan, selama kegiatan PLT. Praktikan dapat merealisasikan program-program tersebut. Hail dari kegiatan PLT yaitu praktik mengajar sebanyak 18 jam di kelas X MIA 2, X MIA 4, X IIS 2, dan X IIS 3 serta mengajat 4 jam di kelas X MIA 1 dan X IIS untuk menggantikan guru pembimbing yang berhalangan hadir. Keberhasilan PLT yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Khoirudin, Khoirudin (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54433/1/Pendidikan%20Matematika_14301244002_KHOIRUDIN.pdf