%0 Report %9 Project Report %A Afifah Rochmah Habsari, Afifah Rochmah Habsari %D 2017 %F UNY:54419 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling %T LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING BIMBINGAN DAN KONSELING %U http://eprints.uny.ac.id/54419/ %X Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu rangkaian kuliah yang harus ditempuh demi mendapatkan gelar S1 kependidikan sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Lokasi praktik pengalaman lapangan yaitu SMA Negeri 1 Pleret. Sekolah ini berlokasi di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan program PLT dimulai dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PLT Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Pleret meliputi kegiatan layanan administrasi, layanan dasar, layanan responsif, serta dukungan sistem. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PLT, disusun untuk mengoptimlakan perkembangan dan potensi yang dimiliki siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke dunia kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam menangani berbagai tugas sebagai calon guru pembimbing khususnya dan tenaga kependidikan pada umumnya, mengatur program bimbingan dan konseling, dan memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam seting sekolah sehingga menghasilkan input dan output yang handal.