eprintid: 54377 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/43/77 datestamp: 2017-12-21 08:00:43 lastmod: 2019-10-01 11:31:43 status_changed: 2017-12-21 08:00:43 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rika Zuli Astuti, Rika Zuli Astuti title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Administrasi Perkantoran, SMK Muhammadiyah 2 Bantul abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September - 15 November 2017 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Kelompok PLT di lokasi tersebut terdiri dari 9 mahasiswa, 3 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi, dan 2 Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Praktik mengajar dilaksanakan mulai tanggal 15 September – 15 November 2017 sebanyak 11 pertemuan yang terdiri dari 8 pertemuan di kelas XI AP dan 2 pertemuan di kelas X AP. Karena minggu pertama digunakan untuk observasi kelas dan dilanjutkan minggu kedua yang digunakan untu PTS (penilaian tengah semester), praktik pembelajaran dilakukan pada minggu ketiga PLT. 11 pertemuan dikemas dengan rincian pemberian materi, game, dan 1 pertemuan untuk ulangan sebagai evaluasi dan pengambilan nilai untuk siswa. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik akan tetapi dalam pelaksanaanya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui yaitu adanya siswa yang memiliki kebutuhan khusus dan harus diperhatikan lebih intensif agar tetap mampu mengikuti pembelajaran dikelas meskipun tidak setara dengan teman-temannya yang lain. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Rika Zuli Astuti, Rika Zuli Astuti (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54377/1/LAPORAN%20PLT%20SMK%20MUH%202%20BANTUL_RIKA%20ZULI%20ASTUTI_14802241027.pdf