TY - RPRT TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) AV - public KW - PLT KW - Administrasi Perkantoran KW - SMK Muhammadiyah 2 Bantul ID - UNY54365 M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/54365/ Y1 - 2017/// N2 - Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September - 15 November 2017 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional. Slah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Kelompok PLT di lokasi tersebut terdiri dari 9 mahasiswa, 3 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi, dan 2 Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 15 September ? 15 Novemebr 2017, sebanyak 9 pertemuan di kelas X AP. Untuk minggu pertama digunakan untik observasi kelas pada saat guru pembimbing mengajar. Berdasarkan hasil observasi diperoleh pengetahuan menegenai kondisi dan situasi siswa dan lingkungan kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Korespondensi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, praktik, diskusi, dan demonstrasi. Media yang digunakan adalah PPT, LCD, whiteboard, spidol, penghapus, dan alat pratikum. Pada salah satu pertemuan mahasiswa juga memberikan evaluasi mengenai materi yang diberikan sekaligus sebagai nilai ulangan harian pertama siswa. Hasil dari program PLT adalah mahasiswa praktikan dapat mengetahui cara menjadi seorang pendidik yang baik. Mahasiswa telah memberikan materi sesuai dengan mata pelajaran yang didapatkan. Peserta didik memahi cara berkomunikasi dengan telepon dalam Bahasa Inggris. Selain itu peserta didik juga telah mampu membuat surat dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan keinginan serta memahami bagian-bagian surat dan penggunaan bahasa yang baku sesuai dengan kaidah yang benar. A1 - Niken Akmala Rini, Niken Akmala Rini PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ER -