%0 Thesis %9 S1 %A Saputri, Nuzulla %A Ahmad Rithaudin, %B PGSD Penjaskes %D 2017 %F UNY:54363 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Model permainan, PSA Hoki, SD kelas Atas %T PENGEMBANGAN ALAT DAN MODEL PERMAINAN HOKI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK SEKOLAH DASAR KELAS ATAS %U http://eprints.uny.ac.id/54363/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterbatasan sarana dan prasarana permainan bola kecil dan ragam permainan bola kecil sehingga proses pembelajaran permainan bola kecil mengalami hambatan dalam melakukan inovasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pengembangan alat dan produk model permainan Pipa Saluran Air (PSA) Hoki agar dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana dan meningkatkan ketrampilan koordinasi gerak peserta didik serta menambah ragam permainan bola kecil. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada teori Sugiyono, yang berarti penelitian ini merupakan penelitian yang berorientasi pada produk. Pengembangan tes ini dilakukan melalui tahapan: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) uji validasi ahli yaitu ahli materi permainan hoki, ahli sarana dan prasarana penjas, dan ahli pemebelajaran penjas, (4) uji coba produk (24 siswa), (5) revisi produk, (6) hasil akhir. Instrumen untuk mengukur kelayakan model menggunakan angket. Data kuantitatif dianalisis dengan menghitung skor, kemudian dicocokkan dalam lima kriteria kategori kelayakan. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan (1) model permainan PSA Hoki dapat menarik perhatian siswa SD kelas atas untuk mengenal permainan Hoki, (2) Model permainan PSA Hoki dapat menambah variasi permainan bagi guru yang mengajar anak SD kelas atas, (3) Model permainan PSA Hoki dapat mengungkapkan imainasi siswa SD kelas atas dalam perpaduan modifikasi alat dan permainan dengan diperoleh hasil uji coba aspek afektif yaitu aspek peserta didik mau bermain kembali, diperoleh prosentase sebesar 92,08% (sangat layak). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan PSA Hoki ini dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana, meningkatkan koordinasi gerak peserta didik, dan menambah ragam materi permainan bola kecil.