@techreport{UNY54351,
           title = {LAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)},
          author = {Diky Ansor Rosadi Diky Ansor Rosadi},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
         journal = {Laporan PPL},
            year = {2017},
            type = {Project Report},
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/54351/},
        keywords = {PLT, SMK Cokroaminoto, Uny},
        abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memberikan pengalaman nyata secara langsung
kepada mahasiswa praktikan tentang proses mengajar di kelas dengan mengalami
situasi dan kondisi dalam proses pembelajaran yang sesuai bidang studinya agar
mahasiswa dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum terjun ke dunia
kependidikan sepenuhnya. PLT memberikan life skill bagi mahasiswa, yaitu
pengalaman belajar yang nyata, dapat memperluas wawasan, melatih dan
mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan
ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan
masalah. PLT di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga
pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial
kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan
cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan
hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah.
Program PLT dilaksanakan di SMK Cokroaminoto Pandak pada tanggal 15
September sampai 15 November 2017. Program ini adalah PLT pertama yang
diadakan di SMK Cokroaminoto Pandak dan mahasiswa praktikan berjumlah 3
orang yang berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Dalam kesempatatan
PLT ini praktikan mendapat pengalaman mengajar sebanyak 14 kali yaitu mengajar
mata pelajaran Dasar listrik dan elektronika kelas X TITL dan mata pelajaran
Gambar Teknik kelas X TITL.Selain kegiatan mengajar, praktikan melaksanakan
kegiatan piket guru, mengajar jurusan TKJ, mengajar LKS DIY untuk jurusan TITL
dan TKJ, merencanakan Pembuatan Lap untuk UNBK dan lain lain. PLT yang
dilakukan praktikan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan dengan
menggunakan media pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal
pembelajaran sampai akhir pembelajaran, dari awal PLT sampai akhir PLT, serta
PLT juga telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan disepakati
antara pihak sekolah dan mahasiswa praktikan.
Melalui kegiatan PLT yang dilaksanakan selama dua bulan di SMK
Cokroaminoto Pandak, mahasiswa menghadapi berbagai dinamika mengajar
khususnya di SMK Swasta. Mahasiswa memperoleh pengalaman nyata mengajar
secara langsung di kelas, menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat,
serta mengetahui perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh seorang guru profesional.}
}