@techreport{UNY54325, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, author = {YuliIswanti YuliIswanti}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {UNY, PLT, SMK Muhammadiyah 1 Bantul.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/54325/}, abstract = {Universitas Negeri Yogyakarta merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta, di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainny ayang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjelma menjad itenaga professional pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). PLT ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalamannya tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya PLT ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya. Kegiatan atau program PLT dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, diantaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Kegiatan praktik lapangan terbimbing yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul adalah kegiatan praktik mengajar di kelas sebagai program utama. Program utama individu praktikan adalah membuat perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Praktikan mengampu mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta juga ada pendampingan dan juga mengganti mengajar masuk kelas. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan metode scientific dan eksperimen sebagai metode dalam kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif melalui kegiatan pengamatan, penyelidikan, diskusi, dan komunikasi (presentasi). Hasil dari kegiatan PLT selama 2 bulan adalah pelaksanaan PLT berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kelancaran pelaksanaan program PLT UNY 2017 ini taklepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Bantul.} }