@techreport{UNY54322, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Kiftiyaningsih Kiftiyaningsih}, journal = {Laporan PPL}, year = {2017}, keywords = {PLT, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Program PLT}, url = {http://eprints.uny.ac.id/54322/}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) semester ganjil tahun 2017 telah dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Jl. Parangtritis Km. 12, Manding, Trirenggo, Bantul, DIY selama 2 bulan sejak tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. PLT sebagai usaha yang wajib ditempuh mahasiswa, utamanya bidang kependidikan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah, juga sebagai sarana peningkatan kapasitas diri sebagai seorang calon guru. Dalam Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran dan fungsinya selama PLT dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) materi PPKn di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah serta piket. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaan meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Keberhasilan program-program PLT dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.} }