relation: http://eprints.uny.ac.id/5430/ title: PENGEMBANGAN BUKU AJAR SAINS KIMIA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX BERDASARKAN KURIKULUM 2004 creator: Sri, Hartati subject: Kimia description: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan Buku Ajar Sains Kimia untuk SMPIMTs Berdasarkan Kurikulum 2004 clan untuk mengetahui kualitas buku ajar tersebut berasarkan penilaian 5 orang guru kimia di SMA dan SMPIMTs. Penelitian ini mempunyai dua variabel yakni pengembangan Buku Ajar Sains Kimia untuk SMPIMTs Berdasarkan Kurikulum 2004 dan kualitas buku tersebut. Buku ajar disusun secara mandiri oleh peneliti berisi empat materi pokok yaitu : Ciri-ciri Reaksi Kimia; Asam, Basa, dan Garam; Bahan Kimia di Bidang Industri, Pertanian, dan Kesehatan; serta Atom, Ion, dan Molekul dan direvisi berdasarkan masukan dari : (1) Dosen Pembimbing (reviewer I), (2) Teman SejawatJ•peer reviewer (reviewer II), dan (3) 5 Guru Kimia di SMA atau di SMPIMTs (reviewer III). Kualitas buku ajar diperoleh berdasarkan pada penilaian reviewer III dengan mengisi angket penilaian kualitas buku ajar yang berisi 28 kriteria penjabaran 10 aspek penilaian kualitas buku ajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini berupa Buku Ajar Sains Kimia untuk SMPIMTs Berdasarkan Kurikulum 2004 dengan skor rata-rata penilaian kualitas buku ajar untuk materi pokok I, II, III, dan IV berturut-turut sebesar 124,2 (SB); 123,2 (SB); 124,8 (SB); dan 126,8 (SB). Skor rata-rata keempat materi pokok tersebut sebesar 124,75 dengan kategori sangat baik. date: 2010-09-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/5430/1/PENGEMBANGAN_BUKU_AJAR_SAINS_KIMIA_UNTUK_SEKOLAH_MENENGAH_PERTAMA_DAN_MADRASAH_TSANAWIYAH_KELAS_IX_BERDASARKAN_KURIKULUM_2004.docx identifier: Sri, Hartati (2010) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SAINS KIMIA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX BERDASARKAN KURIKULUM 2004. S1 thesis, UNY.