%T IDENTIFIKASI FAKTOR FAKTOR HAMBATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-WILAYAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2017 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2017 %L UNY54298 %K Faktor hambatan implementasi kurikulum 2013 %X Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah kurilulum 2013 yang belum sepenuhnya diimplementasikan secara merata di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-wilayah Kabupaten Sleman tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang menjadi hambatan dalam implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-wilayah Kabupaten Sleman tahun 2017. Faktor yang diungkap berasal dari faktor guru, faktor siswa, faktor sarana prasarana, dan faktor kebijakan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survey dengan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjas Sekolah Menengah Pertama Negeri yang sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013 se-Wilayah Kabupaten Sleman sejumlah 31 orang yang tersebar di 19 sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan implementasi kurikulum 2013 di sekolah menengah pertama se-wilayah kabupaten sleman tahun 2017 dari faktor guru, faktor siswa, faktor sarana prasarana dan faktor kebijakan berada pada kategori tinggi. %A Bobitya Adrina