%0 Thesis %9 S1 %A Fiorentina, Diva %A Subagyo, %B Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi %D 2017 %F UNY:54281 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K gaya mengajar, siswa, guru dan sekolah %T IDENTIFIKASI GAYA MENGAJAR YANG DIGUNAKAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DIKAJI DENGAN SPEKTRUM GAYA MENGAJAR MUSKA MOSSTON DI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL %U http://eprints.uny.ac.id/54281/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang gaya mengajar apa saja yang sering digunakan dan paling banyak digunakan oleh guru pendidikan jasmani untuk siswa SMP di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Dalam penelitian ini populasinya adalah 22 guru penjas dari 12 Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Sukorejo. Dalam metode servey ini, Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan jumlah 50 pertanyaan yang mewakili 11 indikator spektrum gaya mengajar muska mostton yang digunakan guru dalam proses pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani SMP di Kecamatan Sukorejo yang telah melalui proses validasi yang telah dilakukah oleh expert judgement dengan jawaban ya dan tidak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan mengolah data hasil penelitian pada tiap-tiap indikator dengan menggunakan excel, adapun perhitungan untuk masing-masing butir dalam kuesioner menggunakan persentase. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar yang paling banyak digunakan oleh guru pendidikan jasmani SMP di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal yaitu Gaya Komando (87,88%), Gaya Periksa diri (71,59%), Gaya Individual (71,50%), Gaya Tugas (70,91%), Gaya Inisiasi Siswa (70,45%), Gaya Inklusi (70%), Gaya Resiprokal (68,18%), Gaya Divergen (68,18%), Gaya Penemuan Terbimbing (67,05%), Gaya Konvergen (59,09%), Gaya Mengajar diri (57,95%).