%0 Thesis %9 S3 %A Wibowo, Mokhammad Unggul %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:54221 %I UNY %K Nilai Kejuangan, Internalisasi Nilai, dan Pendidikan Karakter %T Internalisasi Nilai-nilai Kejuangan Jenderal Soedirman dalam Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara Magelang. %U http://eprints.uny.ac.id/54221/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman yang diinternalisasi dalam pendidikan karakter di SMA Taruna Nusantara Magelang; (2) proses internalisasi nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman di SMA Taruna Nusantara Magelang; dan (3) efektivitas internalisasi nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman dalam pendidikan karakter di SMA Taruna Nusantara Magelang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi di SMA Taruna Nusantara. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf ahli bidang penjaminan mutu, pamong, siswa, dan alumni di SMA Taruna Nusantara. Data dikumpulkan dengan teknik pengamatan nonpartisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua model analisis yaitu analisis saat mempertajam keabsahan data dan analisis melalui interpretasi data secara keseluruhan. Teknik analisis data menggunakan model analisis data kualitatif Miles dan Huberman (1992), yaitu: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman yang diinternalisasi di SMA Taruna Nusantara belum dirumuskan secara eksplisit atau dibakukan sebagai materi pembelajaran. Di dalam Kurikulum Khusus SMA Taruna Nusantara terdapat aspek-aspek mental yang mengarah kepada nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman, yaitu: tanggung jawab, disiplin, tangguh dan ulet, kreatif dan adaptif, kemampuan melihat masa depan, kemampuan mengambil keputusan, teguh pendirian, rela berkorban, dan pantang menyerah; (2) internalisasi nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman dalam pendidikan karakter di SMA Taruna Nusantara dilaksanakan pada tahapan pertama pendidikan karakter, yaitu tahapan penanaman, menggunakan pendekatan inspiratif dan pola tindak pengajaran, pengasuhan, dan pelatihan. Hal tersebut disusun sebagai mata kegiatan terproyek yang wajib diikuti oleh siswa kelas X pada semester 1; (3) internalisasi nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman di SMA Taruna Nusantara telah secara efektif memberikan pengetahuan moral (moral knowing) tentang nilai-nilai kejuangan kepada para siswa. Nilai-nilai tersebut selanjutnya diinternalisasi oleh para siswa sehingga mereka memiliki perasaan moral (moral feeling). Nilai-nilai kejuangan tersebut menjadi daya dorong dan prinsip-prinsip yang menjadi pedoman hidup mereka. Dalam menghadapi permasalahan hidup tertentu, mereka mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman, atau menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai perilaku moral (moral action).