TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/54187/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP kelas VIII. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) jika dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Depok, Sleman dengan sample penelitian adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII D yang dipilih secara acak. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (2) model pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII; (3) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII. Penarikan kesimpulan data analisis menggunakan uji one sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. A1 - Imtikhanah, Nurul A1 - Tuharto, Tuharto TI - KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP KELAS VIII PB - UNY AV - restricted KW - Think Pair Share (TPS) KW - kemampuan pemecahan masalah ID - UNY54187 Y1 - 2017/10/23/ ER -