%I PGSD %D 2017 %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI SINDUADI 1 KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 %L UNY54094 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 1 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian adalah Quasi Experimental dengan rancangan Nonrandomized Control Grup Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu keterampilan bercerita dan variabel bebas yaitu media komik. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas V A dan V B yang berjumlah 55 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data ada dua tahap yaitu distribusi data hasil keterampilan bercerita siswa dan uji hipotesis meliputi uji t dengan melihat perbedaan keterampilan bercerita kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data tahap pertama nilai mean pretest dan posttest kelompok eksperimen meningkat sebesar 12,97 dan kelompok kontrol 7,26. Tahap kedua diperoleh data posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan Uji T atau uji hipotesis dengan menggunakan teknik Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar sig 0,003 dan thitung 3,074. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,003 < 0,005 dan thitung 3,074 > ttabel 2,006. Karena Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media komik terhadap keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 1 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : media komik, keterampilan bercerita %A Daraini Musfiroh