%L UNY54083 %A Deanaz Fasella Alan Perdana %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan manajemen dalam kegiatan kesiswaan, (2) pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dalam kegiatan kesiswaan, dan (3) pelaksanaan Peran Serta Masyarakat (PSM) dalam kegiatan kesiswaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, pengurus Komite Sekolah, dan anggota serta orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian di SDN Kotagede V menunjukkan: (1) manajemen telah diterapkan dalam kegiatan kesiswaan melalui perencanaan kegiatan kesiswaan (rapat), pengorganisasian (pembagian tugas pelatih dan penataan jadwal), kepemimpinan (pelaksanaan kegiatan kesiswaan), dan pengawasan (mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan), (2) SDN Kotagede V telah melaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) melalui pembelajaran yang membuat peserta didik aktif, menumbuhkan kreativitas, melaksanakan pembelajaran yang efektif, dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, (3) SDN Kotagede V telah melibatkan Peran Serta Masyarakat (PSM) dalam kegiatan kesiswaan dengan menggali dukungan, tenaga, pikiran, dan dana dari wali murid dan masyarakat sekitar . Ketiga pilar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) telah terlaksana di SDN Kotagede V dalam kegiatan kesiswaan. Kata kunci: pelaksanaan MBS, kegiatan kesiswaan, SDN Kotagede V %T PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN KOTAGEDE V %D 2017 %I PGSD