@phdthesis{UNY54077, month = {November}, author = {Setiawan Arif Wicaksono}, title = {PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PUCUNGROTO KAJORAN MAGELANG}, school = {PGSD}, year = {2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/54077/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri Pucungroto tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan Model Pembelajaran Tari Bambu. Peningkatan yang dimaksud adalah peningkatan jumlah ketuntasan nilai siswa dengan model pembelajaran tersebut agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian menggunakan Kemmis dan MC Taggart. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pucungroto yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas. Peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia dapat ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah ketuntasan siswa siklus I sebesar 1 siswa yang sebelumnya pada pra tindakan sejumlah 10 siswa (37,04 \%) menjadi 11 siswa (40,74 \%) tuntas KKM pada siklus I, sedangkan peningkatan ketuntasan siswa hasil belajar IPS pada siklus II sebesar 15 siswa yang pada siklus I sejumlah 11 siswa (40,74 \%) menjadi 26 siswa (96,3 \%) tuntas KKM pada siklus II. Kata kunci: Peningkatan hasil belajar IPS, Tari Bambu} }