%X Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif Teknik Listrik yang tepat untuk siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan dan (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif Teknik Listrik untuk siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadopsi langkah pengembangan level 3 Sugiyono. Tahapan langkah yang dilakukan yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap pengembangan produk awal, tahap uji internal, tahap uji eksternal, dan tahap diseminasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan empat pilihan jawaban untuk ahli dan responden siswa. Validitas yang digunakan berdasarkan pendapat ahli (Expert Judgment). Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif Teknik Listrik telah berhasil dikembangkan dengan lima materi pokok yaitu kemagnetan, induksi elektromagnetik, elektrokimia, dan transformator. Didalamnya termuat konten animasi, simulasi, dan video pendukung materi. Format media berupa Flash (.swf) sebesar 10,5 MB dan Windows Projector (.exe) sebesar 18,3 MB. (2) Kelayakan materi media pembelajaran interaktif Teknik Listrik ditinjau dari ahli materi memperoleh rata-rata skor sebesar 66,5 dari skor maksimal 84 dan dikategorikan “Layak”. Kelayakan media pembelajaran interaktif Teknik Listrik ditinjau dari ahli media memperoleh rata-rata skor sebesar 74 dari skor maksimal 96 dan dikategorikan “Layak”. Sedangkan responden siswa memberikan penilaian “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 100,29 dari skor maksimal 120. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Teknik Listrik NIM. 12501241029 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif Teknik Listrik yang tepat untuk siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan dan (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif Teknik Listrik untuk siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadopsi langkah pengembangan level 3 Sugiyono. Tahapan langkah yang dilakukan yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap pengembangan produk awal, tahap uji internal, tahap uji eksternal, dan tahap diseminasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan empat pilihan jawaban untuk ahli dan responden siswa. Validitas yang digunakan berdasarkan pendapat ahli (Expert Judgment). Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif Teknik Listrik telah berhasil dikembangkan dengan lima materi pokok yaitu kemagnetan, induksi elektromagnetik, elektrokimia, dan transformator. Didalamnya termuat konten animasi, simulasi, dan video pendukung materi. Format media berupa Flash (.swf) sebesar 10,5 MB dan Windows Projector (.exe) sebesar 18,3 MB. (2) Kelayakan materi media pembelajaran interaktif Teknik Listrik ditinjau dari ahli materi memperoleh rata-rata skor sebesar 66,5 dari skor maksimal 84 dan dikategorikan “Layak”. Kelayakan media pembelajaran interaktif Teknik Listrik ditinjau dari ahli media memperoleh rata-rata skor sebesar 74 dari skor maksimal 96 dan dikategorikan “Layak”. Sedangkan responden siswa memberikan penilaian “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 100,29 dari skor maksimal 120. %A Hanafi Dika %K Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Teknik Listrik %L UNY54055 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK LISTRIK UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN %D 2017 %I Fakultas Teknik