<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU \r\nAL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan \r\nbordir di SMP Terpadu Al-Amin Cukang Tanjung Kawalu ditinjau dari \r\nperencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar serta tanggapan siswa kelas VIII \r\nSMP Terpadu Al-Amin. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini difokuskan \r\npada permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran keterampilan bordir \r\nsebagai mata pelajaran muatan lokal di SMP Terpadu Al-amin Cukang Tanjung \r\nKawalu Tasikmalaya. Data penelitian berupa kata-kata dan tindakan yang \r\ndiperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan alat bantu \r\nseperti alat tulis, dan kamera. Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat \r\ndan triangulasi. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi \r\ndata, penyajian data, dan verifikasi data. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan \r\nbordir di SMP Terpadu Al-Amin ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan \r\npenilaian hasil belajar. 1) Perencanaan pembelajaran meliputi silabus dan Rencana \r\nPelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru mata pelajaran \r\nketerampilan bordir berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). \r\nMateri pembelajarannya yaitu mengenalkan alat dan praktik bordir sederhana berupa pola \r\ndasar, serta metode pembelajaran adalah demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas \r\nkepada siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan bordir dilaksanakan \r\nsesuai perencanaan pembelajaran yang telah dibuat dengan alokasi waktu (2 x 40 \r\nmenit) yaitu praktik individu terbimbing dan kelompok. Hasil karya keterampilan \r\nbordir yang diciptakan oleh siswa berupa karya non fungsional dalam lembaran kain \r\nberukuran 30cm x 30cm berupa pola dasar bordiran. Penilaian hasil pembelajaran \r\nketerampilan bordir mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan \r\nstandar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Tanggapan siswa terhadap \r\npembelajaran keterampilan bordir sangat baik, dan menyenangkan."^^ . "2017-11-20" . . . "Pendidikan Seni Kerajinan"^^ . . . "Universitas Negeri Yogyakarta, Pendidikan Seni Kerajinan"^^ . . . . . . . . . "Shifa Nurul"^^ . "Khotimah"^^ . "Shifa Nurul Khotimah"^^ . . "Zulfi Hendri, M.Sn."^^ . . . . . . . "PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU \r\nAL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA (Text)"^^ . . . "Shifa 688 - 697.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU \r\nAL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU \r\nAL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU \r\nAL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU \r\nAL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU \r\nAL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #54019 \n\nPEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU \nAL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA\n\n" . "text/html" . . . "Seni Rupa" . .