TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/53989/ TI - Pengembangan Media Monopoli Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan LOT dan HOT Siswa Kelas XI SMA Pada Pokok Bahasan Sistem Pertahanan Tubuh. AV - public KW - media pembelajaran KW - media monopoli KW - low order thinking KW - high order thinking KW - sistem pertahanan tubuh. ID - UNY53989 M1 - tesis PB - UNY A1 - Ferania, Tresna Mega N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media monopoli sebagai media pembelajaran Biologi pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh, (2) efektifitas penggunaan media monopoli pembelajaran Biologidalam meningkatkan kemampuan low order thinking siswadan (3) efektifitas penggunaan media monopoli pembelajaran Biologi dalam meningkatakan kemampuan high order thinking siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D)dengan mengadaptas prosedur yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini disederhanakan ke dalam 8 tahapan yaitu:(1)penelitian dan pengumpulan data,(2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan akhir, (7) revisi produk akhir, dan (8) diseminasi produk akhir. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan tiga teman sejawat. Uji coba terbatas dilakukan pada satu kelas di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Seyegan. Uji coba lapangan melibatkan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Tasikmalaya yang meliputi SMAN 5 Tasikmalaya sebagai sekolah berkualifikasi tinggi, SMAN 3 Tasikmalaya sebagai sekolah berkualifikasi sedang dan SMAN 9 Tasikmalaya sebagai sekolah berkualifikasi rendah. Pada masing-masing sekolah dilakukan pengujian terhadap dua kelas untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumenlembar kelayakan penilaian produk, kemampuan low order thinking dan kemampuan high order thinking. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media monopoli layak digunakan dalam pembelajaran Biologi pokok bahasan sistem pertahanan tubuh, (2) media monopoli efektif dalam meningkatkan kemampuan low orther thinking siswa, dan (3) media monopoli efektif dalam meningkatkan kemampuan high order thinking siswa. Y1 - 2017/09/27/ ER -