%L UNY53988 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Brain Based Learning dan pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Cooperative Learning ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas X SMAN 2 Yogyakarta, serta untuk mengetahui apakah pendekatan Saintifik model Brain Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan Saintifik model Cooperative Learning ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta dengan sampel penelitian berjumlah 59 siswa yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu kelas XI PMIIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMIIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan metakognisi siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli, yaitu tiga dosen pendidikan matematika UNY. Statistik uji dilakukan dengan menggunakan uji Hotelling’s Trace. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Brain Based Learning efektif secara simultan ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta, 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Cooperative Learning tidak efektif secara simultan ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta, dan 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Brain Based Learning lebih efektif secara simultan dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Cooperative Learning ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta %A Novice Ayu Abrianti %A Wahyu Setyaningrum %K Brain Based Learning, Prestasi belajar, Kemampuan metakognisi %I UNY %D 2017 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA