%I UNY %D 2017 %T Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Target untuk Meningkatkan Karakter Kedisiplinan dan Keterampilan Lempar Turbo Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Kalasan %L UNY53976 %A Muhammad Arief Wibowo %K model pembelajaran, permainan target, kedisiplinan, keterampilan %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model pembelajaran berbasis permainan target untuk meningkatkan karakter kedisiplinan dan keterampilan lempar turbo untuk digunakan dalam pembelajaran penjasorkes untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dari Borg & Gall yang kemudian diadaptasi menjadi sembilan langkah penelitian yang saling berkaitan, yaitu: (1) pengumpulan informasi lapangan; (2) analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan; (3) pengembangan produk awal; (4) revisi format produk awal; (5) uji coba skala kecil/terbatas; (6) revisi produk; (7) uji coba skala besar dan revisi; (8) uji operasional lapangan; dan (9) format produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: (a) draft wawancara; (b) skala nilai; (c) lembar observasi; dan (d) angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran berbasis permainan target yang berisikan delapan kegiatan permainan, yaitu: (1) lempar sasaran lawan; (2) lempar ke dalam keranjang; (3) lempar melewati tali; (4) lempar melewati simpai; (5) lempar menjatuhkan benda; (6) lempar menghalau benda ke daerah lawan; (7) lempar menjatuhkan cone/kerucut; dan (8) lempar benda yang mengayun yang didokumentasikan dalam bentuk buku panduan model pembelajaran bebasis permainan target. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli dan hasil uji efektivitas dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran ini sangat baik dan efektif dalam meningkatkan karakter kedisiplinan dan keterampilan lempar turbo pada pembelajaran penjasorkes