TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik butir berdasarkan teori respon butir, (2) identifikasi cheating dengan menggunakan metode Person Fit dan identifikasi cheating dengan metode Tes Acceptance dalam pada pelaksanaan Ujian Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Tingkat SMA Negeri tahun pelajaran 2015/2016 di D.I.Yogyakarta. Sumber data penelitian adalah seluruh lembar jawaban peserta ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di privinsi Yogyakarta tahun pelajaran Penelitian 2015/2016 mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) sebanyak 2929 lembar untuk paket A kurikulum KTSP. Penelitian ini merupaka penelitian kuantitaif menggunakan pendekatan Ex-post facto. Analisis karakteristik butir menggunakan pendekatan teori respon butir satu PL, sedangkan analisis cheating menggunakan metode Person Fit dan metode Test Acceptance. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (1) analisis teori respon butir menunjukan instrumen tes USBN PAI Tahun ajaran 2016/2016 memiliki rerata tingkat kesukaran sedang. Instrumen tes ini memiliki fungsi informasi yang baik dengan fungi informasi maksimum diperoleh sebesar 9.35 logit pada ? sekitar + 0,2 dan nilai kesalahan pengukuran (SEM) sebesar 0.327. (2) Jumlah siswa yang teridentifikasi cheating pada tes USBN PAI dengan metode person fit sebanyak 2 orang. Jumlah pasangan cheating dengan metode tes acceptance bentuk share knowledge sebanyak 153 pasang, share ignorance sebanyak 891 dan share respons sebanyak 222. Metode test acceptance lebih banyak mengidentifikasi cheating dari pada metode person fit. M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/53950/ Y1 - 2017/10/27/ KW - Ujian Standar Berbasis Nasional KW - Karakteristik Butir KW - Identifikasi Cheating ID - UNY53950 AV - restricted A1 - Niayatulloh, Ahmad TI - Identifikasi Cheating pada Tes Berskala Luas: Tes USBN PAI tingkat SMA Negeri D.I.Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. PB - UNY ER -