TY - THES Y1 - 2017/10/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (a) perencanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Modern Gontor, (b) pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Modern Gontor, (c) sistem evaluasi dan penilaian pendidikan karakter di Pondok Pesantren Modern Gontor, dan (d) hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Modern Gontor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah personel yang berkaitan dengan pendidikan karakter berbasis Pondok Modern di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo yang terdiri dari pengasuhan santri dan santri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Data penelitian ini dianalisis secara terus-menerus sejak awal pengumpulan data. Pada prosesnya terdiri dari tiga tahapan yang saling terkait yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan empat temuan. Pertama, perencanaan pendidikan karakter berbasis Pondok Modern di Pondok Pesantren Gontor, meliputi: 1) merumuskan tujuan pendidikan karakter sesuai dengan visi, misi dan tujuan Pondok Modern Gontor; 2) membuat peraturan untuk menunjang berjalannya pendidikan karakter; 3) membuat pedoman bagi pelanggaran santri beserta hukuman bagi pelanggar terkait pendidikan karakter; 4) menetapkan jadwal kegiatan untuk menunjang berjalannya pendidikan karakter. Kedua, pelaksanaan pendidikan karakter berbasis Pondok Modern di Pondok Pesantren Gontor, meliputi; pimpinan dan pengasuhan santri memberikan pengarahan, motivasi berkaitan tentang pendidikan karakter, memimpin jalannya pendidikan karakter di Pondok. Berkomunikasi dan memberikan pemahaman tentang pendidikan karakter. Mengambil tindakan bagi pelanggaran terkait pendidikan karakter. Ketiga, sistem evaluasi dan penilaian pendidikan karakter berbasis Pondok Modern di Pondok Pesantren Gontor, meliputi 2 cara, yaitu; 1) penilaian secara langsung yang terdiri dari mahkamah, keliling dan pembacaan absensi. 2) penilaian secara tidak langsung terdiri dari jasus (mata-mata) dan penilaian secara berjenjang dan periodesasi. Keempat, hambatan yang dihadapi dalam melaksanaan pendidikan karakter di Pondok Modern Gontor antara lain: banyaknya santri dari berbagai pelosok Indonesia, para santri memiliki latar belakang yang berbeda, peralatan elektronik seperti interet, HP dapat memberikan dampak negatif, pelaksanaan pendidikan karakter memerlukan biaya yang sangat besar. A1 - Susanto, Arif Eko PB - UNY AV - public KW - pendidikan karakter KW - pondok modern gontor KW - pondok pesantren TI - Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Modern di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo. M1 - tesis ID - UNY53949 UR - http://eprints.uny.ac.id/53949/ ER -