TY - THES M1 - skripsi ID - UNY5392 TI - PENGEMBANGAN PAKET BELAJAR IPA ASPEK KIMIA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/5392/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar di bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk (1) menyusun clan mengembangkan buku paket belajar IPA terpadu aspek kimia untuk SMP/MTs kelas VIII berdasarkan Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan (2) mengetahui kualitas paket belajar tersebut berdasarl:an penilaian 2 guru kimia SMA dan 3 guru IPA SMP/MTs sesuai dengan kriteria kualitas paket belajar yang telah ditentukan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Paket belajar yang disusun meliputi delapan materi pokok : (1) Atom, Molekul, dan Ion, (2) Atom, Molekul, clan Ion dalam Kehidupan Sehari-hari; (3) Molekul Unsur clan Molekul Senyawa; (4) Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari; (5) Kegunaan dan Efek Samping Bahan Kimia; (6) Bahan Kimia Alami clan Bahan Kimia Buatan; (7) Zat Adiktif dan Psikotropika; (8) Pencegahan Penggunaan Zat Adiktif clan Psikotropika. Pengembangan paket belajar ini dibimbing oleh dua dosen pembimbing, ditinjau olc;h 4 orang peer reviewor clan 2 orang dosen ahli media serta dinilai oleh rovieuver yaitu 2 guru kimia SMA dan 3 guru IPA SMP/MTs di Yogyakarta. Data yang diperoleh dari reviewer berupa data kuantitatif. Data kuantitatif tersebut ditabulasi clan dianalisis untuk setiap materi pokok clan setiap aspek penilaian dengan teknik analisis data deskriptif. Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversi men_jadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif. Hasi1 penelitian ini berupa paket belajar IPA terpadu aspek kimia untuk SMP/MTs kelas VIII. Paket belajar ini memperoleh skor rata-rata 93,s dengan kategori baik (B) dan jika dinyatakan dalam persentase keidealan adalah 77,77%. Persentase keidealan akhir yang diperoleh tiap materi pokok pada paket belajar IPA terpadu aspek kimia secara berurutan dari materi pokok 1, II, III, IV; V, VI, VII, dan VIII adalah 77,60%; 72.33%; 72,00%; 80,00%; 78,33%; 79,16%,¬81 ,66°0; clan 80,33°,%_ Berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal, paket belajar yang dikembangkan mempunyai kualitas baik (B) sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa. Y1 - 2010/08/03/ A1 - Septiana Tri, Winarsih PB - UNY ER -