%0 Thesis %9 S1 %A Iswanto, Raise Bara %A Edyy Purnomo, %B Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi %D 2017 %F UNY:53914 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K frekuensi langkah, panjang langkah, power tungkai, kemampuan lari 60 meter %T HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI LANGKAH PANJANG LANGKAH DAN POWER TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN LARI CEPAT 60 METER SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/53914/ %X Berlari dengan cepat, maka perlu syarat tertentu sebagai modal dalam melakukan di antaranya frekuensi langkah, panjang langkah, dan power tungkai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara frekuensi langkah, panjang langkah, dan power tungkai dengan kemampuan lari 60 meter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Jenis penelitian korelasional. Metode survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta yang berjumlah 168 siswa. Teknik sampling menggunakan puposive sampling. Instrumen untuk mengukur frekuensi langkah, panjang langkah dan kecepatan lari 60 m menggunakan tes sprint 60 m, power tungkai menggunakan tes standing broad jump. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian: (1) Ada hubungan yang signifikan antara frekuensi langkah dengan kemampuan lari 60 meter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta, dengan nilai rx1.y = 0,846> r(0.05)(30) = 0,349. (2) Ada hubungan yang signifikan antara panjang langkah dengan kemampuan lari 60 meter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta, dengan nilai rx2.y = 0,528 > r(0.05)(30) = 0,349. (3) Ada hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan kemampuan lari 60 meter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta, dengannilai rx2.y = 0,834 > r(0.05)(30) = 0,349. (4) Ada hubungan yang signifikan antara frekuensi langkah, panjang langkah, dan power tungkai dengan kemampuan lari 60 meter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta, dengannilai Fhitung 155,999 > Ftabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 3;26 yaitu 2,975, dan Rx1.x2.x3.y = 0,973 > R(0.05)(30) = 0,349