@phdthesis{UNY53896, year = {2017}, school = {UNY}, title = {Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.}, author = {Tri Ristiyadi Kuncoro}, month = {August}, keywords = {pembelajaran matematika, multimedia, adobe flash}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53896/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran matematika yang layak bagi siswa kelas IV di SD Negeri 1 Simo. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg \& Gall tahun 1983. Desain pengembangan tersebut meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencaan, (3) pengembangan draft produk, (4) ujicoba lapangan awal, (5) merevisi hasil ujicoba, (6) ujicoba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir, (10) diseminasi dan implementasi. Tahap uji coba terdiri dari validasi ahli materi dan ahli media, uji coba lapangan awalmelibatkan tigapeserta didik, uji coba lapanganmelibatkan12 peserta didik, dan uji pelaksanaan lapangan melibatkan 37 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan panduan wawancara, angket, dan tes formatif. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, menurut ahli materi,materi masuk kategori baik dengan nilai rata-rata 3,83.Menurut ahli media, media masuk kategori sangat baik atau dengan nilai 4,53. Hasil uji coba lapangan awal masuk kategori baik dengan nilai 4,10, uji coba lapangan masuk kategori baik dengan nilai 4,10, dan uji pelaksanaan lapanganmasuk kategori sangat baik dengan nilai 4,24. Gain score rata-rata seluruh siswa dari hasil Pretest dan posttest sebesar 0,43 (Kategori sedang). Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran matematika berbasis adobe flash efektif digunakan pada siswa kelas IV SD N 1 Simo.} }