TY - THES M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran buku cerita bergambar yang layak dalam peningkatan keterampilan membaca permulaan dan motivasi belajar siswa, dan 2) mengetahui keefektifan media buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca permulaan dan motivasi belajar siswa kelas I SD Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983) dan penentuan jumlah subjeknya mengacu pada pendapat Dick and Carey (2009). Subjek uji coba adalah siswa kelas I SD Negeri Timbulharjo Sewon Bantul. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, skala, tes unjuk kerja dan lembar kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kebutuhan, data uji kelayakan media, dan analisis keefektifan media. Uji normalitas yang digunakan menggunakan Shapiro-Wilk karena data kurang dari 50. Hasil penelitian berupa: 1) media buku cerita bergambar memenuhi kelayakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat baik; 2) media buku cerita bergambar yang dihasilkan efektif meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan motivasi belajar siswa. Keterampilan membaca permulaan dan motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan bedasarkan uji-t berpasangan dengan diperoleh skor probalitas (p) < 0,05 UR - http://eprints.uny.ac.id/53886/ Y1 - 2017/10/27/ KW - buku cerita bergambar KW - keterampilan membaca permulaan KW - dan motivasi belajar ID - UNY53886 A1 - Utomo, Felix Baskara Bhakti PB - UNY TI - Pengembangan Buku Cerita Bergambar dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri Timbulharjo Sewon Bantul AV - public ER -