%T Analisis Beban Administrasi Kepala Sekolah Dasar se-Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. %I UNY %D 2017 %L UNY53848 %K beban administrasi, administrasi kepala sekolah dasar %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) beban administrasi kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Ungaran Barat, dan (2) hambatan yang dialami selama proses penyusunan administrasi tersebut beserta pemecahan masalahnya. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ialah 37 kepala Sekolah Dasar se-Kecamatan Ungaran Barat. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data ialah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Validitas data yang digunakan ialah validitas isi dengan pertimbangan ahli (expert judgement). Reliabilitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu: triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Beban administrasi kepala Sekolah Dasar berdasarkan ketersediaan, kesesuaian, dan kelengkapannya adalah: (a) rata-rata ketersediaan administrasi kepala sekolah adalah 78,6% (29 kepala sekolah), (b) rata-rata kesesuaian administrasi kepala sekolah adalah 77,2% (28 kepala sekolah), (c) rata-rata kelengkapan administrasi kepala sekolah adalah 53,4% (19 kepala sekolah), (d) rata-rata kelengkapan dokumen administrasi oleh masing-masing kepala sekolah sebesar 54,7%. (2) Hambatan yang dialami selama proses penyusunan administrasi ialah: (a) kemampuan yang rendah dalam penggunaan IT, (b) beratnya tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam bidang administrasi, dan (c) ketidakjelasan pedoman administrasi. Pemecahan masalah yang dilakukan kepala sekolah adalah: (a) memaksimalkan peran operator sekolah, (b) membuat skala prioritas, (c) berkomunikasi dengan teman sejawat, (d) memaksimalkan peran pengawas sekolah. %A Prita Yudha Puspitaning Tyas