%T Evaluasi Program Pembelajaran “You and Me” dalam TK Binaan PKBI Jawa Tengah %I UNY %D 2017 %K Program pembelajaran “You and Me”, Pendidikan Seks, Anak Usia Dini %A Ode Yahyu Herliany Yusuf %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan seks yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Hal ini meliputi evaluasi konteks yang terdiri dari kesesuaian program sesuai dengan kebutuhan anak dan partispasi orangtua. Variabel input terdiri dari motivasi siswa, kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, keseusuaian buku panduan program pembelajaran sebagai acuan, kelengkapan media, dan pembiayaan program. Pada variabel proses terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Dan variabel terakhir adalah evaluasi produk dimana terdiri dari dua komponen yaitu Keterampilan dan pengetahuan anak sudah sesuai dengan tujuan program dan pemahaman pendidik dalam menampilkan dan mempraktekkan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan ditiga PAUD binaan PKBI Jawa Tengah, yaitu TK Lab School UNNES, TK Taman Belia, dan TK Post PAUD Anak Bangsa dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek peneltian meliputi siswa, guru, kepala sekolah, dan orangtua. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada evaluasi konteks, kesesuaian program sesuai dengan kebutuhan anak dan partispasi orangtuamenunjukkan hasil sangat baik. Pada hasil evaluasi input,motivasi siswa, kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, keseusuaian buku panduan program pembelajaran sebagai acuan, kelengkapan media, dan pembiayaan program menunjukkan hasil sangat baik. Pada variabel proses terdiri dari pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran juga menunjukkan hasil yang sangat baik. Berdasarkan hasil dari evaluasi produk, keterampilan dan pengetahuan anak sudah sesuai dengan tujuan program dan pemahaman pendidik dalam menampilkan dan mempraktekkan pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat baik %L UNY53794