%0 Thesis %9 S2 %A Rilianti, Adhi Putri %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:53792 %I UNY %K modul pembelajaran, inkuiri, kemandirian belajar, keterampilan proses %T Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Keterampilan Proses Siswa Kelas V SD %U http://eprints.uny.ac.id/53792/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis inkuiri yang valid untuk meningkatkan kemandirian belajar dan keterampilan proses siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba utama, (7) revisi hasil uji coba utama, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri 1 dan 2 Jampiroso Temanggung. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini, yaitu modul pembelajaran tematik integratif berbasis inkuiri valid untuk meningkatkan kemandirian belajar dan keterampilan proses siswa Kelas V SD. Simpulan tersebut didasarkan pada (1) hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, dengan nilai “A” dan kategori “sangat baik”, (2) hasil respon siswa dan guru, dengan nilai “A” dan kategori “sangat baik”, dan (3) hasil uji efektivitas menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test pada kemandirian belajar dan keterampilan proses siswa dengan hasil nilai p < 0,05