%I UNY %L UNY5374 %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran IPA berbantuan komputer yang dikemas dalam bentuk Compact Disc (CD) materi pokok perubahan fisika dan perubahan kimia bagi peserta didik SMP/MTs kelas VII dan mengetahui kualitas CD media pembelajaran IPA yang telah dibuat melalui penilaian lima guru IPA di SMP/MTs. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. CD media pembelajaran IPA dikembangkan untuk tiga uraian materi pokok, yaitu: (1) sifat fisika dan perubahan fisika, (2) sifat kimia dan perubahan kimia, dan (3) pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan sifaf kimia. Produk awal CD media pembelajaran IPA ditinjau dan diberi masukan oleh peer reviewer dan ahli media. Kualitas CD media pembelajaran IPA dinilai oleh reviewer dengan mengisi angket penilaian yang berisi tiga aspek, yaitu aspek isi, aspek pembelajaran, dan aspek media. Hasil penelitian pengembangan ini adalah CD media pembelajaran berbantuan komputer mata pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII materi pokok perubahan fisika dan perubahan kimia. Kualitas CD media pembelajaran IPA berdasarkan pada penilaian lima orang guru IPA SMP/MTs terhadap aspek isi, aspek pembelajaran, dan aspek media memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan nilai 4,51; 4,23; dan 4,64. Nilai total yang diperoleh adalah 4,46 pada skala S (1,0-5,0), sehingga kualitas secara keseluruhan adalah sangat baik (SB). %D 2011 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MATA PELAJARAN IPA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI POKOK PERUBAHAN FISIKA DANPERUBAHAN KIMIA %A - Rosmawati