@phdthesis{UNY53734, year = {2017}, title = {PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN}, author = {Lia Yulia}, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, month = {March}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten; (2) kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten; (3) motivasi kerja guru dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang berjumlah 24 guru. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 32 guru SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif; (2) uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas; (3) uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang ditunjukkan dengan nilai r\_x1y sebesar 0,468, ?r??\_x1y sebesar 0,219, nilai t\_hitung lebih besar dari t\_tabel sebesar 2,482 {\ensuremath{>}} 1,71714, dan motivasi kerja guru berada dalam kategori rendah sebesar 37,5\%; (2) kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang ditunjukkan dengan nilai r\_x2y sebesar 0,539, ?r??\_x2y sebesar 0,290, t\_hitung lebih besar dari t\_tabel sebesar 3,001 {\ensuremath{>}} 1,71714, dan kompetensi pedagogik berada dalam kategori kurang optimal sebesar 37,5\%; (3) motivasi kerja guru dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang ditunjukkan dengan R sebesar 0,595, R{\^{ }}2 sebesar 0,354, nilai F\_hitung lebih besar dari F\_tabel sebesar 5,762 {\ensuremath{>}} 3,47, dan kinerja guru berada dalam kategori kurang optimal sebesar 41,67\%. Variabel motivasi kerja guru memiliki sumbangan relatif terhadap kinerja guru sebesar 25\% dan sumbangan efektif sebesar 8,85\%. Variabel kompetensi pedagogik memiliki sumbangan relatif terhadap kinerja guru 75\% dan sumbangan efektif sebesar 26,55\%.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53734/}, keywords = {Kinerja Guru, Motivasi Kerja Guru, Kompetensi Pedagogik} }