%T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP N 1 TURI %I FMIPA UNY %D 2017 %K model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, keterampilan sosial, hasil belajar kognitif %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keterampilan sosial, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N 1 Turi tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian berjumlah 60 peserta didik yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui nilai N-gain, sedangkan nilai keterampilan sosial diperoleh melalui lembar observasi. Validasi yang digunakan berupa validasi konstruk, validasi isi dan validasi empiris. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen bersifat valid dan reliable. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Independent t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keterampilan sosial dengan taraf signifikansi 0,023, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dengan taraf signifikansi 0,044, (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif dengan taraf signifikansi 0,014. %A Aninda Wulan Septiyani %L UNY53726