eprintid: 53674 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/05/36/74 datestamp: 2017-10-31 03:40:34 lastmod: 2019-05-09 08:24:51 status_changed: 2017-10-31 03:40:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widodo, Sri title: Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Belajar Membaca Permulaan Anak TK Kelompok B Di TK Negeri 2 Kota Yogyakarta. ispublished: pub subjects: D9 divisions: pps_tp full_text_status: public keywords: multimedia pembelajaran interaktif, membaca permulaan, TK abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif yang layak untuk belajar membaca permulaan anak TK Kelompok B dan (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak TK Kelompok B. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) diadaptasi dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada uji alpha dilakukan penilaian oleh dua ahli materi dan dua ahli media untuk mengetahui kelayakan produk. Selanjutnya dilakukan uji beta terhadap 17 anak kelompok B sebagai subjek uji coba di TK Negeri 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan berupa soft file berbasis game memenuhi kriteria sangat layak digunakan ditinjau dari hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,85 dan ahli media 3,37, dan (2) keefektifan multimedia pembelajaran interaktif dibuktikan melalui perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan sig < 0,05. date: 2017-10-27 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Widodo, Sri (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Belajar Membaca Permulaan Anak TK Kelompok B Di TK Negeri 2 Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/53674/1/tesis-sri-widodo-14707251034.swf