TY - THES KW - pengembangan modul KW - proporsi KW - macam-macam busana ID - UNY53671 Y1 - 2017/10/31/ AV - public A1 - Siti, Nur Hanifah PB - Fakultas Teknik TI - PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI DAN MACAM-MACAM BUSANA SESUAI BENTUK TUBUH DAN KESEMPATAN UNTUK SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan modul pembelajaran menggambar proporsi dan macam-macam busana sesuai bentuk tubuh dan kesempatan, 2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran menggambar proporsi dan macam-macam busana sesuai bentuk tubuh dan kesempatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi lima langkah pengembangan yaitu; 1) analisis kebutuhan produk, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil dan revisi, 5) uji coba kelompok besar dan produk akhir. Validasi modul dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Subjek penelitian untuk uji kelompok kecil berjumlah 8 siswa dan untuk uji kelompok besar berjumlah 26 siswa kelas X Busana Butik SMK Muhammadiyah 1 Imogiri. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini adalah : 1) Modul ?Menggambar Proporsi dan Macammacam Busana Sesuai Bentuk Tubuh dan Kesempatan? pembuatannya melalui beberapa tahapan yaitu : melakukan analisis produk yang dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. 2) Modul ?Menggambar Proporsi dan Macam-macam Busana Sesuai Bentuk Tubuh dan Kesempatan? dinyatakan layak untuk digunakan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan data hasil penelitian, hasil uji kelayakan dari ahli media memperoleh skor total 60 dengan persentase 100% berada dalam kategori sangat layak, hasil uji kelayakan dari ahli materi memperoleh skor total 46 dengan persentase 100% berada dalam kategori sangat layak, hasil uji kelompok kecil dengan skor total 636 dengan persentase 79,5% berada dalam kategori layak, dan uji kelompok besar dengan skor total 2240 dengan persentase 86,1 berada dalam kategori sangat layak. UR - http://eprints.uny.ac.id/53671/ ER -