%0 Thesis %9 S1 %A AL-AMNA VIDI ANTARA, HAIKAL %A Iswahyudi, M.Hum., %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2017 %F UNY:53613 %I Pendidikan Seni Kerajinan %T PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT PADA PELAJARAN PRAKARYA MENGGUNAKAN LIMBAH ORGANIK DI SMP NEGERI 2 KALASAN %U http://eprints.uny.ac.id/53613/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran prakarya kerajinan pemanfaatan limbah organik dan mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Produk, dan 6) Uji Coba Produk. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi yakni Dosen UNY dan Guru Mata Pelajaran. Sedangkan validasi media dilakukan olah Dosen UNY. Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 12 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Media powerpoint dibuat berdasarkan analisis kebutuhan di lapangan. (2) Media yang memuat materi prakarya kerajinan pemanfaatan limbah organik, praktek, dan latihan soal. Media dikemas dalam CD (Compact Disc). (3) Hasil akhir validasi materi dari dosen, aspek tujuan materi pembelajaran Sangat Layak, aspek bahasa Sangat Layak, aspek isi materi Sangat Layak, dan aspek rangkuman/pustaka Layak. Hasil validasi dari guru untuk aspek tujuan materi pembelajaran Sangat Layak, aspek bahasa Sangat Layak, aspek isi materi Sangat Layak, aspek rangkuman/pustaka Sangat Layak. Hasil validasi media dari dosen untuk aspek tampilan Sangat Layak, aspek penulisan Sangat Layak, aspek isi materi Layak, aspek gambar/animasi dan video Sangat Layak dan aspek penggunaan Sangat Layak. Kemudian respon peserta didik saat uji coba media menunjukan respon yang positif, dengan penilaian Sangat Layak. Dengan demikian media powerpoint prakarya limbah organik layak diterapkan dalam pembelajaran.