TY - THES AV - public A1 - Khazanah, Rizki Sukintasari TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TEMA ?PENCEMARAN AIR? BERPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PB - FMIPA UNY ID - UNY53592 KW - lembar kerja siswa KW - inkuiri terbimbing KW - problem solving Y1 - 2017/10/25/ UR - http://eprints.uny.ac.id/53592/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing yang layak menurut dosen ahli dan guru IPA, (2) mengetahui respon siswa terhadap LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing, serta (3) mengetahui peningkatan kemampuan problem solving siswa sesudah menggunakan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, yaitu pengembangan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing. Langkah pengembangan pada penelitian ini dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four D), yaitu: tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi LKS untuk mengetahui kelayakan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing yang dikembangkan menurut ahli dan guru IPA yang kemudian dianalisis secara deskriptif serta menindaklanjuti saran/ masukan dari validator, pretes-postes untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem solving siswa dianalisis dengan skor gain ternormalisasi, serta lembar observasi dan angket berupa daftar checklist yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) telah dihasilkan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing yang layak berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA dengan memperoleh skor rata-rata 3,68 (kriteria sangat baik), (2) respon siswa terhadap LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing memperoleh skor rata-rata 3,57 (kriteria sangat baik), serta (3) LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan problem solving siswa dengan skor gain ternormalisasi 0,53 (kriteria sedang). ER -