@phdthesis{UNY53586, month = {September}, title = {Pengembangan Mobile Learning Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Imun Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi dan Pemahaman Konsep untuk Siswa SMA Kelas XI IPA}, author = {Persita Pupung Hariadi}, school = {UNY}, year = {2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53586/}, keywords = {Design and Development Research, mobile learning, motivasi belajar, pemahaman konsep, sistem imun}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan mobile learning berbasis multimedia interaktif yang digunakan pada materi sistem imun manusia, (2) mengetahui keefektifan penggunaan mobile learning berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran sistem imun manusia untuk meningkatkan motivasi belajar biologi siswa, (3) mengetahui keefektifan penggunaan mobile learning berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran sistem imun manusia untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, dan (4) mengetahui keefektifan penggunaan mobile learning berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran sistem imun manusia untuk meningkatkan motivasi belajar biologi dan pemahaman konsep siswa Penelitian ini merupakam penelitian DDR (Design and Development Research) dari Peffers (Ellis dan Levy) dengan beberapa tahapan antara lain, tahap identify the problem, describe the objectives, design and develop the artifact, test the artifact, evaluate testing results dan communicate the testing results. Reviewer dalam penelitian ini terdiri atas, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli pembelajaran, 3 orang guru biologi, peer reviewer.Populasi penelitian adalah siswa dari 4 sekolah di Kabupaten Sleman yaitu sebanyak 222 siswa. Pada uji terbatas terdapat 32 siswa dari SMA N 1 Seyegan. Sedangkan pada uji lapangan terdapat 190 peserta didik dari 3 sekolah yaitu SMA N 1 Godean, SMA N 1 Pakem dan SMA N 2 Ngaglik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, pretes dan postes. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Hasil pengembangan mobile learning berbasis multimedia interaktif ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek materi, aspek bahasa, aspek tampilan dan aspek desain teknis termasuk dalam kriteria sangat baik dan baik, (2) Hasil motivasi belajar biologi siswa berdasarkan angket motivasi belajar pada uji lapangan mengalami peningkatan pada kriteria sedang. Hasil observasi motivasi belajar pada uji coba lapangan menunjukkan siswa termotivasi dalam belajar terlihat bahwa siswa berpartisipasi aktif dan mengikuti pembelajaran dengan baik, (3) Hasil pemahaman konsep didapatkan hasil rata-rata nilai gain score dalam kriteria tinggi, dan (4) mobile learning berbasis multimedia interaktif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar biologi dan pemahaman konsep siswa secara bersama-sama} }