%I PAUD %D 2017 %T KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MEWARNAI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH SEGUGUS MADANIA KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan motorik halus dalam kegiatan mewarnai pada anak TK Kelompok B Segugus Madania Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo dengan mengambil sampel TK Aisyiyah Wonorejo, TK Aisyiyah Jatirejo, dan TK Aisyiyah Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B dan objek penelitian kemampuan motorik halus dalam kegiatan mewarnai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu . Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan skor persentase yang nantinya dapat diketahui tentang sejauh mana keterampilan motorik halus anak dalam kegiatan mewarnai di TK Segugus Madania Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus dalam kegiatan mewarnai pada anak TK Kelompok B Segugus Madania Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo termasuk dalam kategori baik. Data yang diperoleh menunjukkan keterampilan motorik halus anak Kelompok B dalam mewarnai TK Aisyiyah Wonorejo sebesar 74,30%, TK Aisyiyah Jatirejo sebesar 75,83%, dan TK Aisyiyah Mojosari sebesar 72,50%. Keseluruhan perolehan skor sebanyak 314 atau 74,05% dari skor maksimum 424. Keterampilan motorik halus tersebut mencakup aspek kerapian dan kelentukan jari anak, kecepatan, dan kemandirian dalam kegiatan mewarnai. Kata kunci: keterampilan motorik halus, mewarnai, anak Kelompok B %A Hasni Afifah %L UNY53525